Authentication  atau Autentikasi merupakan teknik untuk memahami apakah pemakai yang mengakses ke sebuah sistem adalah pemakai yang berhak dan cocok atau tidak. Dalam memperkuat keamanan pada sebuah sistem, autentikasi terhadap tidak sedikit faktor yang bersangkutan dengan pemakai dipakai sehingga autentikasi itu tidak melulu password saja atau PIN saja. Autentikasi biasa dipakai pada sistem yang pemakainya mengakses sistem itu dari jauh, atau saat seorang pemakai mengakses sebagai hak penuh, dan mengakses database yang mengandung informasi rahasia.

Dengan Autentikasi tidak sedikit faktor memverifikasi identitas pemakai dengan memakai dua dari tiga mekanisme berikut:

  1. Sesuatu yang diketahui pemakai, contoh password atau passphrase atau PIN
  2. Sesuatu yang dipunyai pemakai, contoh token atau sertifikat software
  3. Sesuatu yang sedang di pemakai, contoh sidik jari atau retina

Aspek Authentication ini bersangkutan dengan metoda untuk mengaku bahwa informasi sungguh-sungguh asli, orang yang mengakses atau menyerahkan informasi ialah betul-betul orang yang dimaksud, atau server yang anda hubungi ialah betul-betul server yang asli. Masalah kesatu, membuktikan kemurnian dokumen, dapat dilaksanakan dengan teknologi watermarking dan digital signature.

Ketika autentikasi tidak sedikit faktor diterapkan dengan benar, seorang penyerang bakal lebih susah untuk mengakses sistem dan menemukan informasi-informasi rahasia. Hal ini diakibatkan karena seorang pemakai mesti memktikan bahwa pemakai mempunyai akses secara jasmani kepada hal kedua yang dipunyai oleh pemakai (contoh: paspor, token, kartu autentikasi) atau yang sedang di diri pemakai(contoh: sidik jari, retina, kontur wajah) atau memakai kode yang berubah-ubah tiap kali pemakai hendak mengakses suatu sistem.

Beberapa kombinasi faktor-faktor Authentication yang biasa dipakai adalah:

  1. Token yang dapat membangunkan angka random yang dipakai sebagai PIN atau password
  2. Smartcard yang digunakan bareng dengan smartcard-reader dan PIN atau password
  3. Kode random yang berubah-ubah masing-masing pemakai mengakses sistem yang diantarkan lewat SMS dan digunakan bareng dengan PIN atau password
  4. Biometrik laksana sidik jari atau tekstur wajah yang dipakai bersamaan dengan PIN atau password
  5. Sertifikat aplikasi yang ditabung di dalam komputer pemakai atau perlengkapan media penyimpanan yang bisa diakses dengan memakai PIN atau password

Setiap kombinasi Authentication tidak sedikit faktor memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaannya mesti dicocokkan dengan keperluan sistem yang bakal digunakan. Autentikasi tidak sedikit faktor yang penerapannya tidak baik dapat mengakibatkan masalah keamanan dan dapat memunculkan kerentanan terhadap sistem. Authentication tidak sedikit faktor menjadi paling efektif bilamana salah satu faktornya terpisah secara fisik dari komputer lokasi pemakai mengakses sistem, seperti memakai token.

Ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan untuk memaksimalkan efektifitas dari autentikasi banya faktor:

  1. Server lokasi autentikasi tidak terhubung ke jaringan lain selain guna autentikasi. Hal ini dapat dilaksanakan dengan:
  2. Mengaplikasikan seluruh saran keamanan dari produk yang dikeluarkan oleh vendor
  3. Mengimplementasikan atau membagi-bagi jaringan cocok dengan ranah kerjanya untuk memberi batas mesin dan pemakai yang di dalam jaringan yang bisa mengakses server lokasi autentikasi
  4. Pengguna memakai password atau PIN yang susah dan perumahan sebagai tahapan keamanan bilamana token atau informasi lainnya tentang autentikasi dikopi, hilang, atau dicuri
  5. Jika tidak memakai autentikasi tidak sedikit faktor, PIN atau password pemakai yang dipakai untuk akses ke sistem dari jauh usahakan bertolak belakang dengan password pemakai yang biasa guna akses ke jaringan.
  6. Pengguna tidak menyimpan perlengkapan token dengan perlengkapan tempat pemakai mengerjakan akses ke sistem dari jauh.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat memiliki sistem keamanan yang terjamin ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
bisnis musimanPerluasan Usaha $zopim( function() { })