Anda ingin pilih barang impor atau bahan baku lokal? Pertanyaan ini pasti sering dikemukakan ketika anda akan melakukan pembelian suatu barang. Banyak yang merekomendasikan barang impor sebab kualitasnya yang lebih baik. Namun, bagaimana dengan bahan baku lokal?

Hal ini tergantung pada harga dan kualitas dari sebuah produk lokal. Jika pada kenyataannya dagangan lokal yang dipasarkan mempunyai harga murah tetapi kualitas yang rendah, maka masyarakat akan beranggapan 2 kali untuk melakukan pembelian barang tersebut.

Keunggulan Bahan baku Impor

Barang-barang impor murah di Indonesia mayoritas didatangkan dari Cina. Cina dikenal sebagai pemasok barang murah terbesar di dunia dan mempunyai pangsa pasar yang luas. Dalam kehidupan keseharian barang-barang impor menghiasi koleksi dan keperluan sepertihalnya tas, sepatu, pensil, pulpen hingga sendok dan garpu. Di samping Cina, Korea Selatan kini pun mulai berekspansi menjual produknya ke Indonesia. Tidak melulu alat komunikasi dan transportasi saja tetapi barang-barang primer contohnya seperti baju, kaos, atau celana.

Seperti di kota pahlawan, Surabaya sudah tidak sedikit mal yang memasarkan barang-barang impor murah yang didatangkan dari negara K-pop tersebut. Barang-barang yang dijajakan seringkali berupa barang bekas yang masih pantas pakai. Harga yang ditawarkan pun paling menggiurkan. Misalnya 1 baju bekas Made in Korea dibandrol hanya sekitar 45 ribu rupiah dengan kondisi yang lumayan baik. Perawatan baju bekas lazimnya tidak begitu susah dan nyaris sama dengan perawatan baju asli.

Perbedaan Barang Impor Dengan Barang Lokal

Melihat kasus di atas, kini saatnya anda menilik sejumlah perbandingan antara dagangan impor murah yang dipasarkan dengan dagangan dalam negeri. Anda dapat menyaksikan perbandingan itu dengan meneliti apa saja faktor-faktor yang memprovokasi perbedaan kedua barang tersebut seprtihalnya dari harga pasarannya. Adapun sejumlah faktor  yang memprovokasi perbedaan kedua produk itu diantaranya :

  • Bahan baku dagangan impor murah dengan bahan baku lokal murah

Cina memakai bahan baku yang sebetulnya relatif tidak aman untuk dipakai dalam sebagai bahan utama sebuah produksi, sebut saja mainan anak. Kita sering menyaksikan label “Made in China” dalam mainan anak-anak mulai dari mobil-mobilan, boneka barbie, puzzle dan lain-lain.

Bahan-bahan yang dipakai seperti plastik pernah dianalisis dan hasilnya lumayan mengejutkan yaitu berisi merkuri. Merkuri sendiri ialah bahan logam yang sering dipakai dalam industri serta dapat mengotori lingkungan. Tidak hanya dominan buruk untuk lingkungan tapi pun untuk kesehatan. Penggunaaan merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kronis jantung, liver dan kanker.

  • Biaya kirim disubsidi oleh pemerintah

Menyambung dengan poin kesatu, Cina mendapat subsidi pemerintah untuk biaya kirim ekspor barangnya. Subsidi ini sebagai suatu dukungan pemerintah terhadap penambahan ekonomi negara bahkan wilayah terpencil pun tidak luput dari perhatian. Pemerintah menyaksikan setiap potensi yang dapat dihasilkan dari wilayah tersebut. Jika telah terlihat, maka pemerintah bakal membantu ongkos barang yang diproduksi. Cina sendiri ketika ini sedang konsentrasi untuk memasarkan produknya ke luar negeri supaya devisa negara meningkat sesuai dengan kurs mata uang.

  • Persaingan antar dagangan impor murah

Persaingan antar dagangan impor murah ternyata dominan positif untuk perekonomian sebuah negara. Dengan kompetisi tersebut mereka seakan bersaing untuk terus berinovasi dengan meneliti minat konsumen secara kontinyu. Cara guna merebut hati semua konsumen ialah dengan menyerahkan pelayanan terbaik berupa harga yang murah seimbang dengan kualitas barang yang dijual. Sedangkan kompetisi Indonesia lagi-lagi terganjal oleh ongkos modal dan produksi yang belum disubsidi. Kalau pun telah ada kemudahan pinjaman koperasi, pinjaman untuk ongkos produksi itu belum mencangkup ongkos pengiriman ke pelosok wilayah karena sulitnya akses yang ditempuh dampak fasilitas yang tidak cukup memadai.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam memperhitungkan biaya import dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
Perencanaan Finansial $zopim( function() { })