Sikap Profesional adalah persyaratan yang sangat penting buat mereka yang berkiprah di dunia entrepreneur. Bagaimana barangkali seseorang bisa mengembangkan bisnisnya bila dia tidak punya kemahiran memimpin SDM(Sumber Daya Manusia). Dan, bagaimana barangkali seseorang dapat mencari dan menemukan proyek atau pesanan, serta sukses melakukan negosiasi dengan baik bilamana dia tidak menguasai bisnis yang bakal dijalankan.

Bagaimana implementasi profesionalisme dalam berbisnis? Dalam konteks berbisnis, seseorang ditetapkan profesional bilamana mampu menjalankan roda kegiatan bisnis dengan lancar, dan terus berkembang. Visi perusahaan atau visi bisnisnya selaras dengan misinya, dan terus dilakukan secara berkesinambungan. Hubungan-hubungan dengan relasi bisnis juga dipertahankan dengan baik, dan saling menguntungkan.

Penggunaan perkiraan biaya guna menopang kegiatan bisnis pun tidak boleh memberatkan perusahaan. Apabila perusahaan meminjam duit di bank dalam bentuk hutang, hendaknya hutang itu dapat dikelola dengan baik untuk memperbanyak perusahaan. Aktifitas bisnis perusahaan pun harus terdapat target keuangan yang jelas masing-masing bulannya supaya dapat memberi cicilan kredit pada bank. Yang tidak kalah pentingnya hutang tersebut dapat untuk membawa perusahaan lebih baik lagi, mempunyai cabang di lokasi lain, dan mempunyai perluasan bisnis (diversifikasi usaha).

Dibawah ini ialah ciri-ciri yang ditemukan pada seorang profesional :

  • Tekun dan berbakat

Seorang profesional tidak terbatas sebab pendidikan tinggi semata. Tetapi kriteria utamanya ialah mempunyai ketekunan. Banyak berpengalaman mebel di Jepara hanya lulusan Sekolah Dasar. Namun berkat ketekunan mereka belajar mengukir kayu, kesudahannya mereka dapat menciptakan karya-karya yang hebat, dan telah di ekspor ke mancanegara. Para seniman Bali umumnya pun seorang profesional yang banyak sekali tidak bersekolah tinggi. namun karya-karya yang mereka hasilkan sudah dinyatakan dunia.

  • Selalu memperdalam kemahirannya

Seorang yang profesional tidak dapat hanya mengandalkan ijazah saja dalam pekerjaannya yang di perlukan ialah terus menajamkan skill serta ilmu yang dapat diterapkan dalam pekerjaannya. Sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat dan dirinya sendiri.

  • Mampu membuat karya yang kompetitif

Seorang profesional mesti dapat menghasilkan atau membuat sebuah karya yang mampu berlomba dan berguna untuk masyarakat, entah berupa produk, atau suatu gagasan.

  • Berani dan dapat berkompetisi

Keahlian yang mendalam dalam sebuah bidang pekerjaan, bakal menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan modal inilah, semua profesional bakal berani dan dapat untuk bersaing.

  • Suka bekerja keras

Bekerja keras ialah hal yang mesti di kerjakan oleh profesional, entah dalam berlatih untuk menajamkan kemampuan atau dalam menuntaskan pekerjaannya.

  • Banyak mendengarkan

Oprah Winfrey ialah contoh pekerja profesional. Ia sudah beribu kali mendengarkan kisah orang lain dan urusan tersebut disimaknya dengan baik-baik. Untuk bisa mendengarkan ucapan-ucapan orang lain seringkali membutuhkan waktu, terkadang orang tidak hendak membuang waktunya untuk memperhatikan orang lain. Namun bertolak belakang halnya dengan Oprah, memperhatikan orang lain sangat bermanfaat untuk mengembangkan profesionalisme nya. Sebab, dalam kisah orang, anda pun menambah pengetahuan dan bisa tukar menukar pikiran.

  • Berani dikritik

Seorang profesional bakal senang mendapat kritikan atau masukan yang bisa memotivasinya guna menambah kemahiran nya. Terkadang, apa yang anda anggap benar, tidaklah benar di mata orang lain. Oleh sebab itu, urgen sekali memahami sudut pandang orang lain. Urusan ini ialah untuk tujuan mengembangkan diri anda sendiri.

  • Selalu berpegang pada hati nurani

Seorang profesional ialah orang yang tidak jarang kali berpegang pada kata hatinya, bukan orang yang oportunis atau senang mencari-cari muka.

  • Membangun Kredibilitas

Menciptakan karakter diri sendiri, sampai mampu menjadi individu yang mendapat keyakinan masyarakat serta rekan-rekan kerja. Memiliki motivasi kompetensi, daya tahan, bertanggung jawab dan berorientasi pada prestasi dapat membina kredibilitas seorang profesional.

Untuk memaksimalkan profesionalitas, anda membutuhkan software akuntansi untuk mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan perusahaan. Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
profitPencatatan $zopim( function() { })