Apakah perusahaan Anda sedang merasakan pembengkakan pengeluaran Perusahaan bahkan hingga kerugian? Menurunkan ongkos operasional sangat urgen untuk dilaksanakan oleh suatu perusahaan. Semakin besar perusahaan, maka bakal semakin besar pula ongkos operasional yang mesti dikeluarkan supaya perusahaan bisa tetap berjalan. Sayangnya, ongkos operasional ini kadang tidak seimbang dengan pemasukan yang didapat. Akibatnya, pengeluaran perusahaan pun bakal membengkak dan tidak menutup bisa jadi akan membawa pada kerugian. Bagi itu, sebagai pemilik atau pengelola keuangan perusahaan, Anda mesti menggali cara supaya bisa menekan ongkos operasional untuk mengolah pengeluaran perusaahan

  • Mengurangi jumlah rapat di hotel-hotel berbintang

Setiap perusahaan tidak jarang kali menyelenggarakan rapat untuk membicarakan sebuah persoalan atau isu perusahaan untuk mengolah pengeluaran perusaahan. Memang perlu suatu tempat yang nyaman supaya setiap anggota rapat dapat fokus dan terinspirasi guna menghasilkan penyelesaian yang pas atau strategi yang jitu. Untuk itu, tidak sedikit perusahaan yang memesan ruangan rapat di hotel-hotel berbintang dengan pertimbangan menyerahkan kenyamanan untuk anggota rapat.Ternyata urusan ini malah dominan pada penambahan pengeluaran perusahaan yang jauh lebih besar.

Periksalah baik-baik apakah keputusan-keputusan yang dipungut setelah menyelenggarakan rapat di hotel berbintang dominan besar terhadap peradaban perusahaan? Jika tidak, Anda wajib meminimalisir jumlah rapat di hotel-hotel berbintang. Daripada mencarter ruangan rapat di hotel berbintang dengan ongkos tinggi, lebih baik Anda manfaatkan ruangan di perusahaan Anda. Dengan menyaksikan tujuan rapat dan jumlah anggota rapat, pilih ruangan dengan kemudahan memadai di kantor Anda dan atur sebagai ruangan rapat.

  • Memanfaatkan kertas bekas guna mencetak draf dokumen

Biaya operasional perusahaan yang merasakan pembengkakan ialah pemakaian kertas guna mencetak dokumen perusahaan atau surat-surat lainnya. Nah, banyak sekali kertas terbuang sebab yang dicetak bukanlah hasil keputusan, namun masih dalam format draf yang butuh ditelaah lebih lanjut. Seluruh karyawan butuh menyadari bahwa pengeluaran yang tinggi diakibatkan oleh pemakaian kertas yang tidak cukup efisien. Mintalah mereka memanfaatkan kertas bekas guna mencetak draf dokumen yang masih butuh didiskusikan. Gerakan paperless pun dapat direalisasikan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Berikan draf dokumen dalam format soft-file untuk karyawan sampai-sampai mereka tidak butuh mencetaknya.

  • Mengurangi jumlah konsultan atau kontraktor

Jika Anda memiliki sejumlah konsultan atau kontraktor yang outsource, maka Anda butuh mengkaji ulang peran mereka untuk kemajuan perusahaan Anda. Seberapa pentingkah peran mereka dan seberapa besar akibat yang diakibatkan bilamana jumlah mereka dikurangi atau bahkan ditiadakan? Diskusikan dengan karyawan yang kompeten sehingga dapat mengolah pengeluaran perusaahan. Ingat,masing-masing keputusan tentu memberi resiko,kini tergatung bagaimana Anda mengubah resiko tersebut supaya tidak menimbulkan akibat negatif yang besar.

Lantas siapa yang bisa menggantikan kegiatan karyawan outsource tersebut? Karyawan Anda. Atur beban kerja karyawan dan berikan tanggung jawab untuk karyawan yang berkompeten namun beban kerjanya masih kurang. Jika Anda dapat melakukan pendekatan yang sesuai, karyawan Anda bakal merasa bangga karena diandalkan mengemban tanggung jawab yang lebih.

  • Memperketat pemakaian listrik dan air sehari-hari

Biaya operasional lain yang bisa dihemat ialah listrik dan air. Periksa ongkos listrik dan air yang biasa dikeluarkan dalam hitungan beberapa bulan terakhir. Jika Anda penambahan yang signifikan, Anda butuh terjun langsung memantau pemakaian listrik dan air oleh semua karyawan. Kemungkinan ada perlengkapan yang tidak dipakai namun tetap dalam situasi on sampai-sampai listrik terus mengalir, semisal AC, kipas angin, komputer, printer, dispenser, charger HP, dan perlengkapan elektronik lainnya.

Untuk pemakaian air, periksalah keran, pipa atau drainase air di perusahaan Anda. Apabila terdapat yang bocor, segera ganti supaya air tidak terbuang. Dalam urusan mengolah pengeluaran perusaahan dibutuhkan kesadaran semua karyawan untuk menghemat listrik dan air sampai-sampai gerakan ini dilakukan oleh seluruh orang di perusahaan Anda.

Untuk itu, dibutuhkan software akuntansi yang dapat mempermudah anda dalam memantau pengeluaran perusahaan. Key Accounting & Management Software merupakan software yang tepat untuk anda.

Related Posts
Affiliate MarketingMeningkatkan Peforma Website $zopim( function() { })