Kontrol Asset Anda Agar Tak Kehilangan Jejak. Asset merupakan hal yang tak asing lagi di dalam dunia bisnis atau di sebuah perusahaan. Asset merupakan kekayaan atau sumber daya yang dimiliki oleh sebuah entitas. Asset sebuah perusahaan biasanya beragam bentuknya. Misalnya dalam bentuk tanah, perlengkapan, bangunan hingga dalam bentuk yang tak terlihat seperti saham, merek dan hak cipta.

Mengingat pentingnya asset perusahaan, harus dikelola dengan sangat baik sehingga perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat dan tujuan sebuah perusahaan akan lebih mudah untuk dicapai.

Pentingnya Manajemen Asset untuk Perusahaan

Manajemen atau melakukan pengukuran secara detail dan kontinu merupakan hal yang sangat penting. Adapun beberapa tujuan pengukuran dari penggunaan yang berhubungan dengan laba adalah sebagai berikut ini:

  1. Berguna untuk memberikan banyak informasi yang berguna untuk mengambil keputusan yang tepat mengenai asset yang ada dan digunakan serta merupakan cara yang tepat untuk memacu para manajer.
  2. Membantu mengukur kinerja unit usaha sebagai salah satu entitas ekonomi.

Fokus pada laba memang penting. Namun, hanya fokus pada laba dan tak mempertimbangkan asset yang ada dan digunakan untuk menghasilkan laba tak akan mencukupi, terutama untuk proses pengendalian.

Manajemen atau melakukan control sangatlah penting. Dengan manajemen yang tepat sebuah perusahaan akan mampu untuk menjaga nilai yang dimiliki agar tetap memiliki nilai yang tinggi, memiliki usia yang panjang dan dapat menghindari resiko kerusakan. Kerusakan tentu bisa memberikan dampak yang tak baik seperti nilai yang akan menurun.

Lalu, bagaimana cara untuk menjaga keseimbangan nilai asset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan? Untuk menjaganya, sebuah perusahaan memang harus menyediakan biaya operasional yang memadai. Hal ini akan menghasilkan output yang cukup tinggi yang mana biasanya akan sesuai dengan tujuan dari sebuah perusahaan.

Bagaimana Dengan Penyusutan Asset?

Sebuah resiko penyusutan akan selalu mengintai. Anda mungkin akan mengalami penyusutan, baik itu penyusutan untuk hal fungsi dan juga nilai yang dimiliki. Nah, disinilah pentingnya untuk memiliki manajemen yang baik. Memang manajemen tak akan serta merta menyelamatkan penyusutan, namun setidaknya akan melakukan pemonitoran yang baik akan adanya penyusutan yang terjadi.

Manajemen juga memiliki fungsi lain yang akan bermanfaat untuk perusahaan atau bisnis yang anda sedang jalankan. Manfaat tersebut adalah:

  • Memudahkan pembuatan anggaran. Manajemen yang dilakukan oleh sebuah perusahaan akan membuat perusahaan tersebut lebih mudah untuk membuat perencanaan khususnya tentang bagaimana mendanai sebuah aset yang berguna untuk memperpanjang usia sebuah aset yang dimiliki.
  • Menghindari pembelian yang berlebih. Memiliki manajemen yang diterapkan akan membuat sebuah perusahaan lebih mudah dalam melakukan control akan aset yang mereka miliki dengan baik sehingga hal ini bisa menjauhkan mereka dari pembelian yang sifatnya tak perlu atau tak mendesak. Dengan arti kata lain, tanpa manajemen sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menentukan kebutuhan manakah yang menjadi prioritas dan manakah yang bukan merupakan prioritas.

Agar tak kehilangan jejak akan aset yang anda miliki sekarang ini, anda harus melakukan manajemen atau control akan asset yang dimiliki mulai dari sekarang juga.

Related Posts
membatasi credit limit piutang customer $zopim( function() { })