Laporan finansial pada dasarnya hanya dipakai oleh sejumlah pihak yang berkepentingan. Tidak seluruh orang diizinkan untuk memakai laporan finansial sebuah perusahaan. Laporan finansial bukan hanya bermanfaat untuk pengusaha ataupun bisnis, namun ada juga sejumlah pihak yang dapat mendapatkan keutungan dari suatu laporan keuangan.

Fungsi laporan finansial

Laporan finansial terdiri dari 3 jenis, yakni laporan laba rugi, laporan neraca, dan laporan arus kas. Masing-masing memiliki fungsinya masing-masing, yaitu:

  • Laporan laba rugi

Laporan laba rugi bermanfaat untuk mengindikasikan hasil akhir keuangan perusahaan dalam kurun masa-masa tertentu, menilai tingkat risiko perusahaan dalam mengerjakan investasi serta eskalasi atau penurunan penjualan, penghasilan kotor, dan masing-masing pengeluaran.

  • Laporan neraca

Laporan neraca bermanfaat menunjukkan posisi bisnis (apakah untung atau rugi) serta menganalisa kekuatan keuangan sebuah perusahaan.

  • Laporan arus kas

Laporan arus kas bermanfaat menunjukkan situasi kas dari operasional keseharian perusahaan (untung atau rugi), mengukur investasi perusahaan dengan tujuan untuk memproduksi profit di masa depan, dan memahami apakah dana perusahaan lumayan untuk membagi dividen, menutup kegiatan sehari-hari perusahaan, menunaikan utang tepat waktu, dan mengindikasikan darimana adanya modal tambahan.

Berikut ini ialah manfaat serta makna penting laporan finansial dari perusahaan yang butuh Anda ketahui :

  • Membuat aset individu dengan perusahaan tidak bercampur

Laporan finansial mampu mengasingkan antara aset dan rekening individu dengan aset dan tabungan perusahaan. Dengan pemisahan aset dan tabungan ini, resiko buruk untuk perusahaan pun dapat diminimalisir. Dalam urusan pemisahan ini, laporan finansial juga bermanfaat membuat bisnis jauh lebih profesional.

  • Menjadi acuan dalam pemgambilan keputusan

Laporan finansial juga dapat dijadikan acuan atau dasar dalam memungut keputusan. Ketika menyaksikan hasil laporan keuangan, Anda dan pihak manajemen pun dapat langsung menganalisa kembali bisnis Anda dan segera mengambil keputusan maupun perbuatan yang terbaik untuk kemajuan perusahan. Tanpa ini, Anda tidak dapat memutuskan akan memungut jalan apa andai terjadi sesuatu pada finansial bisnis Anda.

  • Informasi dalam penghitungan pajak

Arti penting lain dari laporan keuangan ialah menyajikan informasi dalam rangka pendataan pajak. Dengan laporan keuangan, Anda pun dapat tahu berapa pajak yang mesti Anda bayarkan. Oleh sebab itu, masing-masing laporan finansial harus dikelola dengan arif karena dijadikan dasar dari pungutan pajak.

  • Melihat besarnya laba atau deviden perusahaan

Anda juga dapat melihat dan memahami berapa jumlah deviden dari bisnis Anda. Anda dapat menganalisa dengan jelas apakah perusahaan akan menagalami untung atau rugi serta besarannya dalam masing-masing periode.

  • Laporan guna pihak luar manajemen

Terakhir, laporan finansial juga diperlukan untuk dipublikasikan untuk pihak luar, misalnya saja seperti pemerintah, parusahaan lain, lembaga keuangan, dan juga investor. Pihak luar berpeluang untuk menyaksikan laporan finansial bisnis Anda untuk sekian banyak  keperluan, contohnya pajak, pinjaman dana, dan lain-lain. Laporan keuangan pun menilai kesehatan perusahaan Anda.

Dengan mengerjakan pencatatan teratur, Anda dapat mengawasi perkembangan perusahaan dan membandingkannya dengan bulan atau tahun sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat memahami perusahaan mengalami eskalasi atau penurunan serta memutuskan pantas atau tidaknya perusahaan guna mendapatkan pertolongan modal dari pihak lain. Sekarang Anda telah memahami pentingnya laporan keuangan untuk bisnis Anda. Latihlah diri Anda guna menjadi pebisnis sekaligus akuntan yang baik. Ingat. Pebisnis handal ialah pebisnis yang mengenal, mengerti, dan peduli pada situasi perusahaan.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam membuat laporan finansial dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
PelangganPerencanaan Finansial $zopim( function() { })