Laporan Laba Rugi dan Fungsinya

Home / Uncategorized / Laporan Laba Rugi dan Fungsinya

Dalam kehidupan ini Anda memerlukan sebuah penilaian untuk peradaban dan keberlangsungan hidup, baik secara pribadi maupun kelompok. Dengan adanya laporan Laba Rugi ini Anda dapat menginstropeksi diri, apa saja kelemahan yang ada sekitar ini, apa saja kelalaian-kelalaian yang telah diperbuat selama ini, telah benarkah pemakaian uang yang ada di tangan kita. Sehingga unttuk kedepannya kita dapat menjadi lebih baik, Anda dapat lebih berhati- hati dalam menggunakan uang yang ada dan Anda dapat memenejamen keungan lebih baik lagi supaya mampu menyerahkan manfaat untuk Anda. Selain hal itu Anda juga akan tahu prospek lembaga  sekitar ini, apakah mengindikasikan kemrosoton atau kemajuan. Hal ini dapat dilihat dari laporan keuangan. Salah satu laporan akuntansi yang butuh Anda ketahui ialah laporan laba rugi.

Laporan laba rugi (income statement) ialah laporan keuangan yang mengadukan kinerja finansial perusahaan dalam periode masa-masa tertentu. Laporan laba rugi meringkas jumlah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan sekitar beroperasi serta deviden yang didapatkan perusahaan sekitar menjalankan usaha.

Laporan laba rugi adalah menjadi suatu bagian laporan keuangan yang urgen atau penting dari suatu perusahaan sebab dari laporan ini terlihat penghasilan bersih perusahaan yang bisa dinilai bareng apakah perusahaan meraih keuntungan sekitar beroperasi atau malah merugi.

Fungsi Laporan Laba Rugi

Berikut ialah fungsi dari laporan laba rugi perusahaan :

  1. • Menyajikan informasi untuk pemakai informasi finansial perusahaan tentang keuntungan atau kerugian yang didapatkan perusahaan ketika beroperasi dalam periode masa-masa tertentu (periode yang cocok dengan pelaporan)
  2. Memperlihatkan tren perusahaan selama kumpulan waktu tertentu dengan membandingkan income statement perusahaan dari tahun ke tahun bisa terlihat apakah perusahaan mempunyai tren positif (perusahaan mendapat  keuntungan) atau tren negative (perusahaan merasakan kerugian) sekitar menjalankan usahanya
  3. Membantu pengusaha meneliti darimana keuntungan sangat besar didapatkan dan pengeluaran dari sisi apa yang paling tidak sedikit memakan ongkos sebab laporan laba rugi perusahaan berisi sejumlah subtotal revenues maupun expenses perusahaan sekitar menjalankan usahanya
  4. Menjadi alat bantu dalam mengukur dan menganalisa pertumbuhan perusahaan
  5. Menjadi patokan untuk perusahaan guna mengembangkan usahanya bilamana ingin menambah keuntungan yang didapat
  6. Menjadi alat tolong dalam menganalisa strategi perusahaan, apakah strategi yang sekitar  sudah diterapkan perusahaan sudah cocok dan menghasilkan penghasilan sesuai yang diinginkan  atau tidak cocok dan butuh penggantian strategi demi terpenuhinya tujuan perusahaan
  7. Sebagai gambaran profil perusahaan untuk calon investor maupun kreditur yang akan mengerjakan transaksi bisnis dengan perusahaan
  8. Menjadi alat bantu dalam penilaian kinerja perusahaan

Bentuk laporan keuangan laba rugi terbagi menjadi dua yakni sebagai berikut :

  • Single step income statement

Dalam laporan laba rugi ini laba bersih didapatkan dari pengurangan penghasilan total dengan ongkos total perusahaan.

Alasan kenapa perusahaan memakai pencatatan laporan laba rugi nya dengan single step ini merupakan karena perusahaan tidak menyadari adanya deviden sampai total penghasilan melebihi total biaya, di samping itu sejumlah perusahaan lebih memilih metode pendaftaran ini sebab formatnya lebih gampang dibaca dan lebih sederhana.

  • Multiple step income statement

Laporan keuangan laba rugi dalam format multiple ini menunjukkan sejumlah langkah dalam menilai laba bersih. Ada dua tahapan yang bersangkutan dengan pekerjaan operasi utama di mana antara kegiatan operasi dan non-operasi dibedakan.

Anda sedang mencari software akutansi yang dapat mempersiapkan laporan laba rugi dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
UKMPromosi $zopim( function() { })