Perbedaan Antara Akuntan dan Pegawai Akuntansi

Home / Blog / Perbedaan Antara Akuntan dan Pegawai Akuntansi

Akuntan (Akuntan Publik)

Akuntan Publik merupakan orang yang bekerja dengan membuka Kantor Akuntan Publik (KAP) yang memberikan pelayanan dalam bidang audit, penyusunan sistem akuntansi dan jasa lainnya.

Akuntansi Publik adalah suatu bidang yang dilakukan oleh akuntan publik untuk menyediakan macam-macam jasa seperti : jasa perpajakann, jasa auditing dan jasa konsultasi manajemen. Karena banyak berbagai jasa yang diberikan, lalu akuntan publik memunculkan bidang-bidang spesialisasi dalam akuntansi, yaitu :

Akuntansi Perpajakan

Semua perusahaan pasti akan berurusan dengan masalah perpajakan. Maka dari itu perusahaan membutuhkan akuntan yang mengetahui konsep, metode, cara pelaporan dan peraturan perpajakan. Dalam hal ini, akuntan bertugas menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)

Sebelum laporan diinformasikan ke pihak luar perusahaan harus menilai kelayakan dan kewajarannya Laporan Keuangan. Bila laporan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi maka bisa disebut layak dan wajar. Maka sebelum dikeluarkan lebih baik diperiksa dahulu agar laporan dapat dipercaya.

Jasa Konsultasi Manajemen (Management Advisory Service)

Pelayanan yang diberikan oleh akuntan publik mengenai masalah yang timbul dalam perusahaan disebut Jasa Konsultasi Manajemen. Kegiatan ini untuk membantu pimpinan membuat anggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan.

Pegawai Akuntansi

Pegawai Akuntansi adalah karyawan yang bekerja di perusahaan. Jabatan tersebut dapat diduduki dari staff biasa sampai Kepala Bagian Akuntansi. Tugasnya adalah untuk menyusun sistem akuntansi, laporan keuangan pada piak-pihak eksternal, laporan keuangan pada pemimpin perusahaan, anggaran, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern.

Pegawai Akuntansi ingin mencapai tujuan-tujuan berikut :

  • Perencanaan

Berdasarkan informasi ekonomi, dapat disusun rencana kerja yang baik

  • Pengendalian

Berdasarkan rencana dan penerapan, dapat dikontrol jalannya kegiatan perusahaan.

  • Pertanggung Jawaaban

Setelah pencatatan semua transaksi, akhir periode disusun laporan keuangan untuk disampaikan ke pemilik.

Akuntan dan Pegawai Akuntansi adalah pekerjaan yang berbeda, tetapi mereka memiliki persamaan yaitu sama-sama memberikan output sistem informasi akuntansi baik diperlukan pihak eksternal maupun internal.

Related Posts
$zopim( function() { })