Hubungan yang sudah Anda bangun dengan sekian banyak jenis customer dalam sekian banyak bidang kehidupan Anda bisa menjadi landasan untuk membuat hubungan yang lebih kuat dan positif dengan klien. Mengembangkan dan merawat koneksi ini terkadang terasa menghabiskan tenaga dan bahkan memberatkan, namun imbalannya dapat signifikan. Koneksi pribadi, baik yang dikembangkan sekitar berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun, bisa menghasilkan penambahan penjualan, koneksi tambahan,ketenteraman dan kepuasan kerja. Nah, agar usaha dan customer tidak sama-sama terbengkalai, lebih baik pelajari dulu cara-caranya bagaimana membina hubungan yang baik dengan customer.

Berusahalah mengenal Customer secara personal.

Pelanggan seringkali lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang telah mereka kenal dan dapat berinteraksi dengan baik. Jadi, Anda butuh mengenal pelanggan secara personal.

• Saat bertemu pelanggan, sempatkan membual untuk menanyakan sejumlah hal mengenai perusahaan, misalnya: produk atau layanan apa saja yang ia butuhkan, apakah terdapat masukan yang hendak ia sampaikan, apa keunggulan dan kelemahan bisnis yang dikelola. Berusahalah menghafalkan nama pelanggan, anggota keluarganya, dan aspek personal lainnya karena akan sangat berfungsi di lain hari.

• Catatlah secara rinci umpan balik yang pelanggan sampaikan supaya Anda dapat memahami dengan baik apa yang pelanggan alami.

• Adakan acara eksklusif sebagai peluang bertatap muka dan mengenal semua pelanggan secara personal. Mintalah mereka mengemukakan pertanyaan dan menyerahkan saran supaya Anda memahami kemauan dan keperluan mereka secara spesifik

• Jujurlah saat Menjelaskan Bisnis Anda

• Selalu berkata dengan penuh kedustaan tentang produk atau layanan Anda dengan teknik apa juga dapat paling menghambat perkembangan reputasi bisnis Anda. Jika Anda bisa jujur dan realistis tentang layanan apa juga yang tidak bisa disediakan oleh bisnis Anda misalnya, pelanggan bakal menghargai urusan ini dan landasan guna hubungan yang langgeng dengan mereka bisa berkembang.

• Ingatlah Bahwa Pelanggan Adalah Manusia, Bukan Bilangan Angka Semata

• Setelah pembicaraan dengan klien, ingat tidak hanya nama namun sesuatu mengenai diri mereka sebagai seseorang individu. Mengingat kenyataan tentang masing-masing yang menjadi pelanggan Anda bakal mendorong Anda untuk menilik bagaimana bisnis itu dapat dicocokkan dengan keperluan setiap pelanggan. Dan detil – detil kecil ini bisa memiliki akibat besar dalam membina hubungan yang terus langgeng dengan semua pelanggan Anda sampai nanti.

• Jadilah Orang Yang Sabar dan Menyenangkan

• Pelajaran besar yang dapat diambil dari semua ini ialah bahwa menciptakan koneksi yang lebih baik dengan pelanggan memerlukan empati: Anda mesti menyaksikan sesuatu dari perspektif mereka dan mengetahui situasi mereka, daripada melulu berfokus pada penjualan. Melakukan urusan ini, maka strategi penjualan Anda bakal meningkat secara drastis,demikian pula dengan reputasi dan kesetiaan semua pelanggan Anda.

Mudah diakses

Sebagai pemilik usaha, Anda butuh tahu customer seperti apa yang menjadi target maket dari usaha Anda. Pastikan nomor telepon dan situs Anda selalu gampang untuk diakses. Berikan tampilan desain situs yang user-friendly sampai-sampai tidak sulit saat digunakan. Kecepatan ekspedisi barang/ jasa pun menjadi kunci utama guna pelayanan yang baik. Dengan menyerahkan pelayanan terbaik, customer dengan sendirinya bakal mempromosikan usaha Anda dari mulut ke mulut dan lama-lama bakal menyebar luas.

Siap sedia

Customer butuh didengarkan setiap saat. Artinya, Anda mesti siap, kapanpun customer menelepon. Bukan melulu untuk menjalin bisnis tapi pun saat customer inginkan mengeluhkan sesuatu. Walaupun Anda belum dapat memberikan penyelesaian saat tersebut juga, namun customer yang telah didengarkan bakal lebih tenang dan nyaman dibanding bila Anda mengabaikannya.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam pencatatan informasi customer serta mempermudah anda dalam memproses transaksi customer ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda

Related Posts
Meningkatkan Peforma WebsiteKebocoran Data $zopim( function() { })