Mempunyai Saran pelanggan sangatlah urgen untuk menemukan pemasukan jangka panjang serta menekan ongkos pemasaran suatu perusahaan. Untuk menarik pelanggan setia, Anda perlu meluangkan produk dan jasa yang dapat memenuhi keperluan pelanggan yang terus berubah. Bahkan bukan sekedar mengisi kebutuhannya, Anda pun perlu menambah pengalaman dan pelayanan supaya pelanggan semakin puas. Untuk menciptakan pelanggan puas dan tidak jarang kali kembali melakukan pembelian barang ke bisnis Anda, diperlukan suatu usaha yang sungguh-sungguh.

Pelanggan yang puas akan memprovokasi pertumbuhan bisnis Anda. Tetapi guna meyakinkan pelanggan puas, Anda perlu mengerjakan survei kepuasan dengan saran pelanggan. Survei ini akan menolong menilai tingkat kepuasan pelanggan.

Berikut teknik efektif guna memanfaatkan Customer feedback dalam bisnis:

  • Mengajukan pertanyaan

Pelanggan hendak tahu bahwa Anda telah menghargai mereka. Jadi customer akan menyampaikan apa yang mereka pikirkan dan apa yang bisa Anda kerjakan untuk menciptakan pengalaman lebih baik. Haltersebut sangatlah penting. Pelanggan merasa lebih dihargai oleh bisnis yang menghargai pendapat mereka. Cukup dengan meminta pelanggan guna ikut survei dapat menambah loyalitas. Bahkan andai Anda tidak menerima umpan balik (feedback) guna ditindaklanjuti, menjalankan survei dapat menolong mengembangkan bisnis.

  • Cari tahu apa yang dapat Anda kerjakan dengan lebih baik

Sebagai tambahan, Anda dapat memakai survei kepuasan pelanggan guna meminta saran pelanggan secara umum. Ini bukan mengenai kurangnya kualitas produk, namun dimana mereka merasa Anda dapat menambahkan fitur atau layanan untuk menciptakan pengalaman mereka lebih baik.

  • Prioritaskan perubahan bisnis Anda

Secara keseluruhan, ada tidak sedikit hal yang bisa Anda pelajari dari survei kepuasan pelanggan. Jadi, saat mendapatkan hasilnya, Anda dapat meneliti dan memprioritaskan perubahan yang bisa dilakukan. Jangan hanya konsentrasi pada satu aspek andai Anda hendak mendapatkan deviden secara penuh.

  • Pantau perubahan kepuasan

Sangatlah penting untuk untuk menjalankan survei kepuasan pelanggan secara teratur. Ini bakal memungkinkan Anda untuk menyaksikan perbedaan antara tiap survei. Anda tentu hendak melihat penambahan kepuasan dari masa ke masa. Jadi disaat kepuasan pelanggan tersebut tidak terjadi, Anda bakal tahu sesuatu yang tidak bekerja dengan baik.

  • Cari sumber guna testimonial pelanggan

Anda pun dapat mengidentifikasi respon positif dalam survei ini dan menggunakannya sebagai testimonial baik di media sosial ataupun web bisnis. Komentar positif dari customer lama dapat menolong menarik customer yang baru. Inilah kegunaan media sosial dalam bisnis.

  • Lacak perkembangan perusahaan Anda

Anda bisa melacak perkembangan perusahaan dengan sekian banyak  cara. Tentu saja terdapat faktor-faktor finansial yang butuh dipertimbangkan. Tapi Anda pun harus menyadari perkembangan perusahaan dalam urusan pelanggan. Dengan mengidentifikasi pelanggan baru, dan pelanggan tidak puas yang ingin untuk berpindah ke brand  lain, Anda dapat mengejar informasi ini.

  • Dapatkan tanggapan mengenai produk baru

Bila menambahkan produk baru guna bisnis Anda, tidak jarang ada sejumlah hal yang butuh dikerjakan. Jadi, saat menjalankan survei kepuasan pelanggan, Anda secara khusus bisa bertanya mengenai fitur atau produk baru, semata-mata untuk menggali tahu mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak. Jika inovasi baru mengakibatkan lebih banyak masalah, barangkali akan lebih baik guna menariknya kembali.

  • Meningkatkan motivasi kerja karyawan

Memberikan informasi dan insentif untuk karyawanpun dapat menolong mereka merasa lebih terhubung dengan bisnis Anda. Jika karyawan tahu bahwa mereka mengerjakan pekerjaan dengan baik, mereka lebih ingin menjadi bahagia dan puas di lokasi kerja. Dan tersebut berarti mereka bakal terus mengerjakan pekerjaan yang memuaskan.

Tanggapan dari customer bisa menjadi pembangkit dan penghancur semangat. Jika Anda bisa mengelola keluhan pelanggan dengan baik, maka tidak usah khawatir. Setiap kritik dan saran pelanggan dapat membina bisnis Anda menjadi lebih banyak lagi. Ingat bahwa bisnis diciptakan untuk menarik pelanggan bukan sebatas memuaskan pebisnis saja.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat mengelola saran pelanggan anda ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
mengelolah produksiUKM $zopim( function() { })