Software Akuntansi Untuk UKM

Home / Uncategorized / Software Akuntansi Untuk UKM

UKM ialah salah satu bagian paling penting dari perekonomian sebuah negara maupun daerah, begitu pun dengan negara Indonesia UKM  ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Hal ini akan sangat menolong negara dalam hal pembuatan lapangan kerja dan dapat menyokong pendapatan rumah tangga. Untuk saat ini kebanyakan UKM sudah menerapkan software pendukung akuntansi sehingga lebih mudah. Software akuntansi UKM ialah sebuah perangkat lunak yang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah dalam hal pendaftaran dari pada aktivitas-aktivitas UKM dari pada akuntasi itu sendiri. Adapun aktivitasi akuntansi pada umumnya mencakup pembelian , penjualan , kas masuk , kas muncul, saldo awal dan lain sebagainya.

Kriteria aplikasi akuntansi UKM yang baik

  • Memiliki fitur pencatatan

Seperti namanya akuntansi, tentunya harus terdapat fitur pendaftaran setiap transaksi yang dimasukan ke dalam akun yang telah di bahas sebelumnya. Berikut ialah beberapa fitur pendaftaran yang diperlukan antara lain seperti penjualan, pembelian, kas masuk, kas keluar, penyesuaian persediaan, jurnal umum, saldo awal, dan memiliki fitur pelaporan.

  • Pelaporan hasil Pencatatan

Pelaporan ialah hasil dari pada kegiatan pencatatan yang seringkali dilaporkan untuk pihak tertentu, disini dapat sebagai atasan ataupun sebagai pihak yang berwenang (misal : auditor, petugas pajak). Adapun sejumlah pelaporan yang kira-kira dibutuhkan ialah sebagai berikut :

  1. Neraca (balance sheet)
  2. Rugi laba (profit lost statement)
  3. Cash flow
  4. Laporan yang dapat di dicocokkan sesuai keperluan usaha
  • Analisis Bisnis

Analisis bisnis adalah proses penilaian prospek ekonomi dan resiko perusahaan. Urusan itu meliputi analisis atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi finansial dan kinerjanya. Analisis bermanfaat dalam keputusan bisnis misal dalam memilih investasi pada efek (surat berhargaatai sekuritas) ekuitas atau efek utang, memilih perpanjangan pinjaman dengan utang jangka panjang atau utang jangka pendek, menilai perusahaan dalam penawaran saham perdana dan mengevaluasi restrukturasi yang mencakup merger, akuisisi, dan divestasi.

Dengan adanya Software akuntansi UKM untuk menolong menjalankan UKM / UMKM maka usaha Anda akan lebih akuntable baik untuk penilaian kegiatan usaha, perencanaan bisnis di masa mendatang sampai dengan pengusulan kredit untuk keperluan modal supaya perencanaan dari pada bisnis Anda itu dapat terjangkau dengan baik.

Software Akuntansi sangat bermanfaat untuk perusahaan, dengan ini Anda bakal lebih gampang dalam menciptakan laporan neraca perusahaan. Setiap perusahaan pasti memerlukan laporan laba rugi, jurnal, buku-buku besar, serta laporan laporan lain.

Bila seluruh laporan di atas diciptakan secara manual, pasti membutuhkan tidak sedikit waktu. Padahal laporan finansial selalu update masing-masing jam atau bahkan menit. Dengan itulah diciptakan softaware akuntansi dengan sekian banyak kelebihan dan manfaatnya.

Berikut kegunaan dan manfaat software akuntansi yang perlu Anda ketahui :

  1. Memudahkan proses penciptaan laporan finansial dalam masa-masa singkat
  2. Laporan keuangan dapat langsung disaksikan setelah Anda input data kedalam sistem
  3. Meminimalisir kekeliruan perhitungan dan pencatatan, sebab peritungan dilaksanakan secara otomatis memakai sistem
  4. Sistem terintegrasi dengan laporan divisi akunting, penjualan, pembelian, gudang, bahkan dapat dilihat secara online dari luar kantor atau beda cabang.
  5. Hanya satu kali kerja, tidak perlu menciptakan salinan laporan keuangan untuk divisi lain, sebab software saling terintegrasi dengan divisi lain
  6. Menghemat waktu dan biaya, Anda dapat memonitor secara langsung laporan keuangan perusahaan cocok dengan kewenangan yang telah diserahkan oleh perusahaan

Apakah anda sedang mencari Sofwtare akuntansi untuk UKM anda ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Related Posts
SaranLaba Rugi $zopim( function() { })